Berita Bisnis

Transaksi Sembilan BUMN di Pasar Digital Capai Rp11,4 Triliun

Transaksi Sembilan BUMN di Pasar Digital Capai Rp11,4 Triliun

Transaksi Sembilan BUMN di Pasar Digital Capai Rp11,4 Triliun

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury mengatakan nilai transaksi sembilan BUMN di pasar digital capai Rp11,4 triliun sepanjang Agustus 2020 sampai Januari 2021.
Pasang Bola
“Dari tahun lalu di Agustus 2020 sampai pas ini, kami sudah jalankan sinergi tersebut melalui launching padi UMKM dan diawali oleh sembilan BUMN, di mana total transaksi yang dilaksanakan melalui padi UMKM pas ini sampai akhir bulan Januari 2021 yang lalu itu sudah bisa capai sebesar Rp11,4 triliun,” ujar Pahala dalam konferensi pers secara virtual, Senin (15/2/2021).

Sinergi pada BUMN dan UMKM sekaligus untuk membenahi rantai pasok di lingkungan BUMN.

Dengan demikian, BUMN tak senantiasa mengimpor bahan yang sebetulnya sudah ada di UMKM.

“Kita bisa mendorong peningkatan ketahanan dan kekuatan saing banyak ragam produk karya anak bangsa Indonesia bersama dengan multiplier efek yang positif pada usaha kami bersama dengan dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca ada pandemi covid-19 ini,” kata dia.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan platform Program Pasar Digital UMKM yang dikembangkan BUMN dinilai bisa memperluas jaringan UMKM dan menolong buat persiapan UMKM dalam memasuki new normal melalui transaksi yang bakal banyak dilaksanakan secara digital.

“Covid-19 mempunyai efek yang cukup berarti pada sektor UMKM, yang mana kondisinya beda bersama dengan 1998. Saya yakin, platform PaDi UMKM ini bisa memperluas channel UMKM dan menolong buat persiapan UMKM dalam memasuki new normal melalui transaksi yang bakal banyak dilaksanakan secara digital,” kata Erick.

PaDi UMKM sendiri merupakan sebuah platform digital yang mempertemukan UMKM bersama dengan BUMN untuk mengoptimalkan, mempercepat, dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM, serta memperluas dan mempermudah UMKM meraih akses pembiayaan.

Bagi Kementerian BUMN, platform ini menolong memonitor belanja BUMN pada UMKM.

Adapun, kontribusi BUMN yang bakal monitor melalui platform PaDi UMKM ini meliputi, keterangan penjualan UMKM (gathering keterangan seller UMKM), enabler e-commerce bersama dengan mengintegrasikan marketplace, B2B Store, menerima knowledge hasil e-procurement BUMN, memudahkan monitoring kontribusi BUMN belanja ke UMKM, dan monitoring penyaluran fasilitas permodalan/pembiayaan UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *